Senin, 28 Maret 2016

7 Fenomena pelangi yang menakjubkan

7 Fenomena pelangi yang menakjubkan


7 Fenomena pelangi yang menakjubkan - Bicara tentang pelangi, Pelangi adalah fenomena meteorologi yang umumnya disebabkan oleh pantulan cahaya pada tetesan air di atmosfer bumi, yang menghasilkan spektrum cahaya muncul di langit. Fenomena tersebut  membentuk lengkungan setengah lingkaran atau tampak seperti busur disertai cahaya yang beraneka warna saling sejajar dilangit. Spektrum pelangi tersebut terbagi menjadi tujuh warna utama yaitu merah, jingga (oranye), kuning, hijau, biru, nila (indigo) dan ungu, yang biasanya kita singkat dengan singkatan (Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U).

Setiap pelangi merupakan pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat. Pelangi-pelangi indah ini biasanya muncul ketika hujan mulai redah (berhenti) tetapi berbeda dengan 7 pelangi berikut ini yang memiliki keunikan tersendiri :


1. Fire Rainbow (Pelangi Api)


Fenomena atmosfer yang dikenal dengan sebutan circumhorizontal arc ini akan muncul ketika matahari sedang tinggi, cahaya matahari menembus lurus dan menyinari awan sehingga menghasilkan semacam lempengan kristal segienam dan membentuk efek prisma maka bentuk pelangi ini terlihat seperti api. Fenomena pelangi api ini pernah muncul di yahoo amerika dan dimakasar pada bulan mei tahun 2010 lalu dan kejadian itu berlangsung cukup lama dari sore hari hingga matahari terbenam.

2. Secondary Rainbow (pelangi ganda atau Pelangi kembar) 

Jika biasanya kita melihat pelangi melingkar dengan jumlahnya satu lain halnya dengan Secondary Rainbow (pelangi ganda atau Pelangi kembar) yang termasuk dalam fenomena pelangi berikutnya. Fenomena 2 pelangi ini merupakan sebuah peristiwa yang langka atau jarang terjadi. Tapi kadang-kadang pelangi ini bisa muncul dengan tiga atau bahkan empat pelangi yang dapat dilihat pada suatu kesempatan tertentu. Biasanya untuk pelangi diatasnya warnayna lebih redup daripada pelangi utama.

terjadinya pelangi secondary ini disebabkan oleh refleksi ganda dari sinar matahari didalam air hujan dan muncul pada sudut sekitar 50 derajat, sehingga pelangi secondary ini mendapat cahaya yang lebih sedikit meskipun terbilang langka fenomena pelangi kembar semacam ini pernah terjadi didenali alaska, malang dan batam.

3. Circular Rainbow (pelangi busur)

pelangi yang menyerupai busur lingkaran sempurna ini tampak seperti melilingi matahari, fenomena alam ini disebabkan karena adanya pembiasan cahaya matahari oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan dan pembiasan cahaya matahari inilah yang kemudian menjadi pelangi disekeliling matahari sekitar 5-10 km dari permukaan bumi. Circular Rainbow tersebut jarang terjadi didaerah tropis namun dibelahan eropa fenomena ini sering terjadi.

4. Aurora Borealis

Selain pelangi api ada juga fenomena Aurora Borealis yang disebabkan karena bagian partikel-partikel yang membawa energi yang berbenturan dengan molekul oksigen yang akan memancarkan cahaya warna-warna cerah yang beragam, fenomena ini membentuk garis cahaya merah, biru, hijau dan ungu yang berselang-seling dimuti angkasa. Bahkan Aurora indah cermelang memperlihatkan bentuk yang selalu berubah ada yang berbentuk tirai, busur, pita, sinar dan berbagai macam bentuk lainnya. Munculnya fenomena aurora ini biasanya disebabkan suhu yang rendah dan cuaca yang cerah, penampakan fenomena ini telah ditemukan di norwegia, rusia, firlandia, kanada dan alaska setiap tahunnya pada bulan oktober dan april tahun berikunya.

5. Fogbow ( Pelangi Kabut)

Selain nama Fogbow diatas ternyata masih ada berbagai nama untuk sebutan Fogbow ini, antara lain ada yang menyebutkan anjing laut, pelangi awan bahkan ada juga yang menyebutkannya pelangi putih, disebut pelangi putih karena pelangi ini terlihat hanya warna putih dari kejahuan atau kurangnya warna. Seperti pelangi normal fogbow dibuat dengan cahaya melalui tetesan air namun dalam kasus fogbow tetesan air yang sangat kecil menciptakan efek terlihat keatas, ini berarti bahwa ada ilusi optik terjadi tapi ilusi optik berhenti jika dilihat dari dekat dengan kata lain  Fogbow yang tidak berwarna itu tercipta karena kabut tebal yang menghalangi pancaran matahari 

6. WaterFall's Rainbow (Pelangi Air Terjun)

Pelangi cantik ini tercipta dari kabut air terjun yang bercampur dalam aliran udara yang konstan atmosfer secara terus menerus dan terlepas dari cuaca yang terjadi. WaterFall's Rainbow muncul tak harus menunggu saat hujan tiba melainkan dalam matahari yang sedang tinggi, hal ini membuat fenomena air terjun terlihat sangat indah dengan adanya cahaya pelangi.

7. MoonBows (Pelangi Bulan)

MoonBows merupakan salah satu fenomena alam yang langka dan sulit ditemui, ini merupakan gejala optik berupa cahaya warna-warni yang terjadi dimalam hari. Fenomen ini terjadi ketika bulan berada dititik rendah sehingga menyebabkan pembiasan cahaya bulan, biasanya moonbows muncul pada saat bulan purnama dan kemunculan pelangi ini terlihat oleh mata berwarna putih sedangkan pada lensa camera akan terlihat warna-warni sempurna tapi bila cahaya bulan sangat terang pelangi memancarkan warna merah

8 komentar: